Kemenkes Filipina Wacanakan Larang Konten Mukbang

Kemenkes Filipina Wacanakan Larang Konten Mukbang

Sempat viral seorang konten kreator asal Filipina meninggal dunia usai melakukan video mukbang pada 14 Juni 2024 lalu. Atas kejadian itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Filipina akhirnya mempertimbangkan untuk melarang warganya membuat vlog mukbang.

Menkes Filipina, Teodoro Herbosa mengatakan, mukbang boleh dibilang sebagai praktik yang bisa memberikan pengaruh buruk. Menurutnya, praktik mubang adalah kebiasaan yang tidka sehat dan dapat menyebabkan obesitas.

“Obesitas bisa memicu hipertensi dan penyakit jantung. Mukbang ini jadi mempromosikan perilaku tidak sehat. Saya bisa mengusulkan meralang mukbang, bahkan meminta Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menghentikan siaran-siaran mukbang di internet,” kata Menkes seperti yang diberitakan detikhealth yang mengutip Strait Times, (9/7/2024).

Sebelumnya diberitakan seorang konten kreator bernama Manoy Apatan meninggal dunia sehabis membuat video mukbang. Kreator dengan 460 ribu pengikut itu membuat konten makan besar dengan potongan ayam dan nasi.

Sehari setelah membuat konten, dia yang ternyata mempunyai riwayat jantung itu akhirnya kena serangan jantung, lalu koma dan hingga akhirnya memicu stroke hemoragik. Akibatnya, nyawa Manoy tidak tertolong lagi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *